Kamis, 07 Februari 2013

Sapaan dalam bahasa Arab

Penasaran juga dengan bahasa arab, karena seringnya dapet pesan singkat atau obrolan-obrolan teman yang sedikit-sedikit pake bahasa arab. Alhasil searching deh di Internet biar ngerti sedikit-sedikit gitu (maksudnya). Tapi apa daya lah, tetep aja sulit ngomongnya. Humh, boleh nih untuk di share buat yang pada minat bahasa Arab.

Sapaan dalam bahasa Arab

'IBAAROOT 'INDAL LIQOOI WAL IFTIROOQ
(Ungkapan-ungkapan ketika bertemu dan sampai berpisah)
Assalaamu'alaikum ! Wa'alaikumussalaam wa rohmatullah
Ahlan wa sahlan ! MarHaban bik
(Selamat bertemu ! Selamat datang)
ShobaaHul khoir ! ShobaaHun nuur was sa'aadah
(Selamat pagi ! Selamat pagi juga)
Nahaaruka sa'iid ! Sa'iidun Mubaarok
(Selamat siang ! Selamat siang juga)
Masaaul khoir ! Masaaul bahjah was sa'aadah
(Selamat sore ! Selamat sore juga)
Lailatuka sa'iidah ! Sa'iidah mubaarokah
(Selamat malam/tidur ! Selamat malam juga)
Kaifa ashbaHta ? AlHamdulillah, ashbaHtu 'alaa khoirin
(Bagaimana kabarmu pagi ini ? Alhamdulillah, pagi ini aku baik-baik saja)
Kaifa amsaita ? AlHamdulillah, amsaitu 'alaa shiHHatin wa 'aafiyah
(Bagaimana kabarmu sore ini ? Alhamdulillah, aku sehat jasmani & rohani)
Kaifa Haaluk ? AlHamdulillah, innii bi khoir, syukron
(Apa kabar pren ? Alhamdulillah, aku benner2 oke, tengkiyu)
Kaifa shiHHatuk ? Ana bi shiHHatin wa 'aafiyah
(Kabarmu gimana ? Aku lagi ok luar-dalem heee...)
Innii lastu 'alaa maa yuroom
(Aku lagi gak fit)
Maa baaluk ? MurtaaHul baal/ na'iimul baal / masyghuul baal
(Gmana perasaanmu ? Tenang-tenang aja/ damai, plong/ gelisah, kriting)
Ana musytaaqun ilaik ! Wa ana kadzaalik
(Aku rindu padamu ! Aku juga)
Lam aroka min muddah thowiilah ! Ajal, ana masyghuulun jiddan/ ana mariidh/ ana musaafir ilaa khoorijil madiinah
(Lama sekali aku gak bertemu kamu ! Benar, aku sibuk sekali/ aku sakit/ aku pergi ke luar kota)
Ana sa'iidun bi haadzal liqoo‘ ! Ana farHaanu bi haadzihil muqoobalah
(Aku bahagia dg pertemuan ini ! Aku gembira sekali dg perjumpaan ini)
Ilal liqoo‘ ! Fii amaanillah
(Sampai ketemu ! Selamat jalan)
Ilal multaqol jadiidah ! Thoyyib, ma'as salaamah
(Sampai jumpa lagi ! Baiklah, selamat jalan)
hayyaa rukhshoh yaa akhiy ! Ma'as salaamah
(Mari permisi ! Selamat jalan)
Astaudi'ullaaha diinak wa amaanatak wa khowaatiima a'maalik!
(Aku titipkan pada Allah agamamu, amanahmu, dan amal-amalmu yg terakhir)
Zawwadakallahut taqwaa wa ghofaro dzanbak wa yassaro lakal khoiro Haitsumaa kunta!
(Semoga Allah membekalimu taqwa, mengampuni dosamu dan memudahkanmu pada kebaikan di mana saja)
Cukup yaaa... J
Dari berbagai sumber

1 komentar:

  1. iya.. navbarnya jadi ilang saat ganti design.. berarti diedit lagi htmlnya...
    tapi belum tau.. juga.. belum pernah sy coba ganti template,,,

    BalasHapus