Selasa, 11 Desember 2012

Kepribadian yang Rentan Post Power Syndrome


Beberapa ciri kepribadian yang rentan terhadap post power syndrome di antaranya adalah mereka yang senang dihargai dan minta dihormati orang lain, suka mengatur, 'gila jabatan',  menuntut agar permintaannya selalu dituruti, suka merasa lebih unggul daripada yang lainnya, dan suka dilayani orang lain. Orang-orang yang menaruh arti hidupnya pada prestise jabatan tertentu juga rentan terhadap syndrome ini.

Istilahnya orang yang menganggap jabatan, gelar, pangkat, atau kekuasaan itu adalah segala-galanya atau merupakan hal yang sangat berarti dalam hidupnya. Secara ringkas mereka ini disebut sebagai orang-orang dengan need of power yang tinggi. Selain itu, ada pula mereka yang sebenarnya kurang kuat kepercayaan dirinya sehingga sebenarnya selalu membutuhkan pengakuan dari orang lain, melalui jabatannya dia merasa ”aman”.

Sindrom ini bisa dialami oleh pria maupun wanita, tergantung dari berbagai faktor, seperti ciri kepribadian, penghayatan terhadap apa makna dan tujuan ia mengabdi, bekerja, dan berkarya, pengalaman selama bekerja, pengaruh lingkungan keluarga, dan budaya. Syndrome ini mampu mempengaruhi konsep diri seseorang, membuat seseorang merasa kehilangan peran, status, dan identitasnya dalam masyarakat menjadi berubah sehingga dapat menurunkan harga diri.

Itulah kenapa kita sering melihat kelompok statusquo, kadang kadang bergerak tidak rasional dan tidak realistis, selalu bicara mengikuti apa yang diinginkannya, bernostalgia dengan kekuasaan yang sempat mereka dapatkan dahulu. Memutar kaset rusak berulang ulang, hanya ingin waktu berhenti agar mereka akan bisa menikmati terus apa yang ada dalam genggamannya.

Berangan angan, menerawang masa lalu yang indah yang sudah tak ada, membayangkan masa lalu yang penuh kenikmatan. mimpi yang tak pernah ada akhirnya. berhalusinasi yang tidak ada dasarnya. terkadang kalau tidak mampu lagi mengembalikan kenyataan kehidupan, maka seringkali tidak kembali, terlalu nikmat untuk di tinggalkan, keterlanjuran menjadi sakit jiwa, bahkan bisa gila.
dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar